Food & Beverage

Belajar Mengenal Pelayanan Makanan

Jika kurang mengerti dengan artikel ini, ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya : http://tatahidangan.blogspot.com/2010/08/fungsi-tata-hidang.html

Penyusunan organisasi Tata hidangan (Food and Beverage Service) sangat tergantung pada beberapa faktor diantaranya :

  1. Macam, volume serta frekuensi kegiatan yang ditangani.
  2. Jumlah/lokasi dan juga peralatan yang dipergunakan.
Sebagai pedoman dasar, seksi-seksi yang biasanya diperlukan untuk melaksanakan fungsi Tata Hidangan adalah ;
  1. Restaurant (Rumah makan) : dalam suatu Hotel mungkin terdapat satu atau lebih Restaurant. Tugas utamanya adalah meyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman di restauran.
  2. Bar (Tempat Minum) : Bar pun mungkin terdiri dari satu atau lebih, dengan tugas pokok untuk membuat dan menyajikan minuman, dengan atau tanpa makanan.
  3. Room Sevice (Pelayanan di Kamar) Seksi ini mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman di kamar - kamr Hotel dan atau ditempat lain didalam Hotel kecuali Restaurant dan Bar.
  4. Banqueting (Perjamuan) dan Out Side Catering : perjamuan ini biasanya diselenggarakan sesuai dengan permintaan tamu, misalnya untuk pesta perkawinan, hari ulang tahun, dan lain sebagainya. Untuk Out Side Catering fungsinya hampir sama, namun tempatnya berada diluar Area Hotel.
  5. Steward Section : Seksi ini mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan semua peralatan yang diperlukan oleh bagian Tata Hidangan dan Tataboga. Tugas ini termasuk membersihkan, menyiapkan yang tidak dipakai.



edit post

0 Reply to "Struktur Organisasi Tata Hidang"

Poskan Komentar