Food & Beverage

Belajar Mengenal Pelayanan Makanan

Jika kurang mengerti dengan artikel ini, ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya :
http://tatahidangan.blogspot.com/2010/08/deskripsi-jabatan-tata-hidang.html

Suatu usaha akan berhasil lebih baik apabila tercipta dan terlaksana didalam melaksanakan tugas dan kewajiban dari "Food and Becerage Department" maka kerja sama dan saling pengertian diantara semua tenaga kerja dan Manageman adalah mutlak perlu, semua hal tersebut sangat penting karena :

  1. Pekerjaan akan dapat dilaksanakan dengan lebih baik (rapi) dan lebih berhasil (tepat).
  2. Para pekerja akan dapat menunjukkan atau memberikan pelayanan kepada tamu secara lebih baik sehingga tamu merasa senang dan puas.
  3. Akan dapat memperkecil kemungkinan dari kehilangan barang-barang milik perusahaan.
  4. Secara keseluruhan akan membantu meningkatkan keberhasilan usaha itu sendiri.
Pada umumnya departemen - departemen di suatu hotel yang erat hubungannya dengan tugas dan kewajiban "Food and Beverage" adalah :
  1. Front Office Department : kerja sama ini sangat perlu terutama dalam pemberian keterangan tentang tamu-tamu Hotel, misalnya : jumlah tamu, kamar-kamar yang terpakai, tamu yang masuk atau keluar. Disamping itu juga didalam memberikan pesanan khusus, seperti tamu-tamu penting (VIP Guest), pemberian sesuatu dari pihak hotel kepada tamu tertentu (Complement).
  2. House Keeping Department : Disini lebih banyak menyangkut soal kebersihan dan pengadaan peralatan. Pada umumnya, Housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant dan bar, termasuk juga dalam penyediaan pakaian dinas pegawai, linen (taplak meja, lap) dan bunga.
  3. Accounting Department : Kerja sama ini sangat erat sekali didalam menangani dan membuat laporan tentang hasil penjualan makanan dan minuman direstauran dan bar. Dalam hal pengawasan bahan-bahan makanan dan minuman yang diproduksi, memerlukan kerja sama yang teratur dan baik. Disamping itu, kerjasama dan saling pengertian ini juga diperlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan dan minuman kepada para penjual, dan juga dalam ketepatan pembayaran gaji pegawai.
  4. Engineering Department :Demi kelancaran jalannya operasi, perbaikan atas perabot (furniture) restaurant dan bar adalah sangat perlu. Disamping itu pengadaan dan pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik direstaurant, bar, dan dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroprasi semestinya.



edit post

1 Reply to "Kerja Sama Antar Departemen Tata Hidang"

Surya Adi Alanaxx on 17 Juni 2020 pukul 20.22

o

 

Posting Komentar